Filter Data Dalam Microsoft Excel

Seringkali dalam pekerjaan dihadapkan dengan banyak sekali data dari berbagai tabel, dimana setiap tabel mempunyai fungsi sendiri-sendiri. Jika memerlukan informasi yang cepat dan akurat dari tabel tersebut, maka perlu dilakukan penyaringan atau filter terhadap data tersebut. Pemfilteran tersebut dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan software pengolah angka.

Microsoft Excel menyediakan fasilitas untuk menyaring data yang dikenal dengan nama Filter Data. Filter data adalah hanya menampilkan data yang memenuhi kriteria tertentu. Filter data dapat dilakukan untuk kolom-kolom dalam Microsoft Excel sesuai dengan tipe datanya. Microsoft Excel menyediakan tiga bentuk filter data, yaitu filter teks, filter angka dan filter tanggal.







Adapun cara untuk memfilter data adalah :
  1. Blok header tabel
  2. Klik Tab Home, pilih subtab Editing, klik Sort & Filter serta pilih Filter atau Klik Tab Data dan pilih Filter
  3. Kemudian di header tabel akan keluar tanda panah
  4. Selanjutnya, Klik tanda panah pada header tabel yang akan dilakukan filter data, misalnya kolom Akhir
  5. Pilih yang mau ditampilkan 
  6. Klik Ok
Jika ingin menfilter dengan kriteria tertentu, caranya adalah :
  1. Ulangi langkah 1-4 seperti cara filter biasa
  2. Misalnya ingin menampilan Nilai Akhir yang terletak diantara 70-90, maka klik Number Filters, klik between
  3. Kemudian tampil jendela di bawah ini, kemudian ketik 70 di is greater than or equal to dan ketik 90 di is less than or equal to
  4. Klik Ok






Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

0 Response to "Filter Data Dalam Microsoft Excel "

Posting Komentar