Cara Mudah Membuat Soal Online #1

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, kita sebagai guru atau dosen dituntut untuk selalu mengupgrade pengetahuan kita. Salah satunya dengan cara mengubah cara kita membuat soal, yang biasanya masih paper based sekarang belajar membuat soal online.
Banyak sekali fasilitas di internet yang menawarkan pembuatan soal online, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Untuk saat ini kita belajar yang menurut saya paling mudah, yaitu menggunakan Google Form yang berada di Google Drive.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Silahkan ketik di address bar browser anda, drive.google.com
2. Silahkan masuk dengan akun google anda atau dengan email google anda. kemudian kita akan dibawa masuk ke google drive


3. Setelah masuk ke google drive, klik New - Google Forms

 4. Silahkan isi Judul Form yang akan kita buat beserta diskripsinya.

Misalnya kita isi dengan Ulangan Harian 1

5. Langkah selanjutnya adalah membuat form isian untuk Biodata Siswa yang akan mengikuti ulangan harian, yang biasanya terdiri dari Nama, Kelas dan NIS atau Nomor Absen.
Untuk membuat Nama caranya adalah :

Ketik Nama di Question title, dan gantilah Text di Question type



Karena ini harus diisi oleh siswa, maka beri centang di Required question dengan mengkliknya, kemudian klik Done.

6. Selanjutnya membuat  isian untuk Kelas, Klik Add Item kemudian pilih Text.

Selanjutnya caranya sama seperti waktu membuat Nama.


 7. Setelah Kelas selesai, selanjutnya membuat isian untuk NIS, caranya sama seperti waktu membuat Kelas. Karena siswa sering lupa dengan NISnya maka sebaiknya Required question tidak usah dicentang atau diklik.





Kita telah berhasil membuat form untuk isian untuk identitas siswa. Form ini akan tersimpan otomtis di google drive anda. Kita cukupkan dulu belajarnya,  Untuk pembuatan soal, Insya Allah kita lanjutnya  ke bagian 2 nanti. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mudah Membuat Soal Online #1"

Posting Komentar