Aksi Nyata : Mengapa Kurikulum Perlu Berubah ?

Pengertian Kurikulum

Kurikulum merupakan seperangkat pengaturan dan rencana mengenai tujuan, isi, dan materi pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman kegiatan pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan.


Mengapa Kurikulum Perlu Berubah

Kurikulum yang baik adalah kurikulum bersifat dinamis dan terus dikembangkan atau diadaptasi sesuai konteks dan karakteristik murid demi membangun kompetensi sesuai kebutuhan mereka pada saat ini maupun masa yang akan datang. Sebagai contoh, ketika era tahun 1990-an murid-murid ketika ada tugas, mereka mencarinya di perpustakaan sekolah, tapi sekarang murid-murid hanya dengan bermodal gawainya, mereka sudah mendapatkan informasi yang banyak dan melimpah untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka. Kalau jaman dahulu, papan tulisnya hanya satu, kalau sudah selesai akan dihapus. Kalau jaman sekarang menggunakan papan virtual seperti Jamboard yang memiliki banyak papan, untuk memindahnya hanya dengan menggesernya. Dengan papan virtual ini sudah  bisa ditempel gambar, menulis dengan beragam alat tulis, bisa spidol, pen, stabilo dan lainnya. Dan papan ini sudah dibuat kolaborasi baik tatap muka maupun online.

Sungguh perubahan itu benar-benar terjadi, ketika murid jaman dahulu hanya bercita-cita ingin menjadi dokter, polisi, tentara, atau guru, namun cita-cita murid sekarang lebih beragam dan mungkin sesuatu yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Sekarang cita-cita mereka ingin menjadi seorang illustrator, animasi karakter kartun, membuat software komputer,  pengembang aplikasi game atau Perubahan tersebut hanyalah sebagian contoh kecil yang terjadi, yang akan membuat kita sadar bahwa dunia ini ternyata memang berubah. 

Untuk itu kurikulum harus berubah mengikuti perkembangan jaman. Jika mengutip Ki Hajar Dewantara bahwa pendidikan adalah segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia sebagai anggota masyarakat.




0 Response to "Aksi Nyata : Mengapa Kurikulum Perlu Berubah ?"

Posting Komentar